Viral dan populer : pengertian dan perbedaannya!

Viral dan populer

Viral dalam dunia komunikasi Internet tidak asing dengan istilah viral.  Viral dalam ungkapan khusus ditujukan pada suatu keadaan dan kejadian yang secara cepat menjadi pusat perhatian masyarakat media.  Pusat perhatian yang dimaksud adalah isi dari sebuah kejadian.  Mengapa masyarakat media?  Istilah viral hanya ada dalam dunia komunikasi Internet khususnya media sosial.

Mengapa tidak menyebut dengan istilah populer?  Apa beda dengan populer?

Populer istilah yang ditujukan untuk memberikan perhatian khusus yang disaksikan dan dinantikan kehadirannya dari wujud aslinya.  Maksudnya populer adalah yang menjadi objek atau pusat perhatian bukan kejadian atau peristiwa,  namun merupakan  suatu wujud baik orang benda atau karya.

Orang populer banyak ditemui dengan beragam kategori kepemilikan dan keilmuan yang menjadikannya pusat perhatian,  atau populer  dalam hal ini yaitu seperti artis,  pemasok atau seniman.


Sedangkan viral adalah suatu kejadian atau peristiwa,  baik yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok golongan dengan menjadikan suatu hal menjadi kontroversial sehingga menjadi pusat perhatian.

Nah,  itulah sedikit perbedaan dan pengertian secara bahasa tentang viral dan populer,  semoga bermanfaat!

Macam-macam viral
1. Media viral
2. Berita viral
3. Kisah viral

Contoh dan kejadian yang menjadi pusat perhatian

Kasus penistaan agama oleh ahok
Kasus tembak-tembakan disusun 88
Gempa bumi Pidie Jaya,  Aceh
PERANG Suriah
Banjir Bima
Ketua umum PMKR melaporkan Habib Rizieq Syihab

Dalam beberapa hari terakhir sebelum membuka tahun 2017, viral di media adalah kasus tersebut yang menyita banyak perhatian masyarakat Indonesia.


Previous
Next Post »