Petahana atau Independen: pengertian dan definisi pemakaian

Petahana atau Independen

Istilah petahana memang masih asing,  namun sudah mulai lazim di dengar oleh rakyat Indonesia. Istilah petahana digunakan untuk calon yang maju dengan status posisi nonaktif sebagai pimpinan,  gubernur atau presiden.

Apa perbedaan petahana dengan Independen?
Perbedaan petahana dengan Independen hanya terletak pada posisi dan jabatan yang sedang diduduki.  Maksudnya,  petahana digunakan untuk calon yang ingin mengajukan diri sebagai posisi yang sama,  sehingga istilah petahana untuk mempertahankan posisi duduknya.  Sedangkan Independen,  adalah seseorang yang tanpa atas dukungan dari partai untuk memberikan mandat mencalonkan diri pada posisi sebagai pimpinan yang sebelumnya belum diperoleh.

Petahana digunakan oleh calon yang posisi dan statusnya nonaktif sebagai calon posisi yang diperjuangkan,  baik didukung oleh partai ataupun tidak didukung oleh partai.  Sehingga orang ya g memperjuangkan posisi yang sama disebut dengan petahana.

Petahana lazim dan sudah mulai dimengerti oleh masyarakat umum,  namun tidak mengerti arti sebenarnya dari kata petahana.

Arti Independen secara istilah sendiri,  tanpa bantuan dan mampu memperjuangkan dengan kemampuan yang dimiliki. Maka sudah tidak asing lagi setelah membaca artikel tersebut ya.  Semoga bermanfaat dan tentunya akan mengerti tujuan dari posisi perpolitikan yang lebih banyak menggunakan istilah dan simbol untuk mendapat dukungan dari masyarakat luas. 
Previous
Next Post »